cari

Rabu, 06 November 2013

Adaptasi psikologis ibu pada masa nifas



         Adaptasi psikologis ibu pada masa nifas menurut Bahiyatun (2009) :
Periode post partum menyebabkan stress emosional terhadap ibu baru, bahkan lebih menyulitkan bila terjadi perubahan fisik yang hebat. Faktor – faktor yang mempengaruhi suksesnya masa transisi ke masa menjadi orang tua pada masa post partum, yaitu :
1)      Respon dan dukungan dari keluarga dan teman.
2)      Hubungan antara pengalaman melahirkan dan harapan serta aspirasi.
3)      Pengalaman melahirkan dn membesarkan anak yang lain.
4)      Pengaruh budaya.
Satu atau dua hari post partum, ibu cenderung pasif dan tergantung. Ibu hanya menuruti nasehat, ragu – ragu dalam membuat keputusan, masih berfokus untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, masih menggebu membicarakan penglaman persalinan. Periode ini diuraikan oleh Rubin terjadi dalam tahap :
1)      Talking in
a)      Periode ini terjadi 1- 2 hari sesudah melahirkan. Ibu pada umumnya pasif dan tergantung, perhatiannya tertuju pada kekhawatiran akan tubuhnya.
b)      Ibu akan mengulang – ulang pengalamnnya waktu bersalin dan melahirkan.
c)      Tidur tanpa gangguan sangat penting untuk mencegah gangguan tidur.
d)     Peningkatan nutrisi mungkin dibutuhkan karena selera makan ibu biasanya bertambah. Nafsu makan yang kurang menandakan proses pengembalian kondisi ibu tidak berlangsung normal.
2)      Talking hold
a)      Berlangsung 2 – 4 hari post partum. Ibu menjadi perhatian pada kemampuannya menjadi orang tua yang sukses dan meningkatkan tanggung jawab terhadap janin.
b)      Perhatian terhadap fungsi – fungsi tubuh (misalnya eliminasi).
c)      Ibu berusaha keras untuk menguasai ketrampilan untuk merawat bayi, misalnya menggendong dn menyusui. Ibu agak
sensitive dan merasa tidak mahir dalam melakukan hal tersebut, sehinga cenderung menerima nasehat dari bidan karena ibu terbuka untuk menerima pengetahuan dan kritikan yang bersifat pribadi.
3)      Letting go
a)   Terjadi setelah ibu pulang ke rumah dan sangat berpengaruh terhadap waktu dan perhatian yang diberikan oleh keluarga.
b)  Ibu mengambil tanggung jawab terhadap perawatan bayi. Ibu harus beradaptasi dengan kebutuhan bayi yang sangat tergantung, yang menyebabkan berkurangnya hak ibu dalam kebebasan dan berhubungan sosial.Pada periode ini umumnya terjadi depresi post partum.

referensi :


Bahiyatun. 2009. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta : EGC
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar